Pengembangan media permainan Teka Teki Silang (TTS) Matematika pada materi operasi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Murung

Komariah (2023) Pengembangan media permainan Teka Teki Silang (TTS) Matematika pada materi operasi bilangan bulat di Kelas VII SMP Negeri 1 Murung. Jurnal Inspirator Guru, 5 (2): 9. pp. 77-88. ISSN 2654-2536

[thumbnail of Jurnal_Komariah_SMPN 1 Murung_2023-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Komariah_SMPN 1 Murung_2023-9.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media yang digunakan untuk pemantapan materi peserta didik pada materi operasi bilangan bulat adalah teka teki silang Matematika. Mengembangkan media permainan teka teki silang Matematika yang valid atau sahih dan praktis merupakan tujuan dari penelitian ini. Subjek dalam uji coba penelitian yaitu peserta didik di SMP Negeri 1 Murung kelas VII disesuaikan dengan tingkatan pembagian materi operasi bilangan bulat.
Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur Borg & Gall. Penelitian ini menghasilkan media Teka Teki Silang Matematika dengan rata-rata tingkat validitas dari ahli materi dan ahli desain sebesar 97% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan tingkat praktikalitas media permainan teka teki silang Matematika dinyatakan kategori sangat praktis pada uji coba kelompok kecil dengan persentase 94,3%. Berdasarkan perolehan persentase menunjukkan bahwa media permainan teka teki silang Matematika yang dikembangkan sangat layak digunakan dan memudahkan peserta didik dalam belajar Matematika khususnya pada operasi bilangan bulat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teka teki silang Matematika, operasi bilangan bulat, education, mathematics
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:20
Last Modified: 19 Dec 2023 04:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item
View Item