Prediksi bilangan sunspot

Suprijatno, Jasman and S Syamsuar, SS and S L Manurung, SLM and Suratno, Suratno and Wilson, Sinambela (1993) Prediksi bilangan sunspot. Proceeding Program Penelitian Dirgantara LAPAN (D-III): 6. pp. 32-35.

[thumbnail of Prosiding_Suprijatno_LAPAN_1993.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Suprijatno_LAPAN_1993.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak. Untuk menentukan prediksi bilangan sunspot R, di- pakai data bilangan sunspot siklus 22 yang sedang berjalan sebagai acuannya. Periodisiti p dari pada R ditentukan dengan menggunakan metoda analisa periodagram. Hasil p yang diperoleh dengan metoda ini digunakan pada model untuk menentukan bilangan sunspot R. Model yang kita perkirakan adalah :
R₁ = R0 + B1 cos + 2 phi t / p1 + B₂ sin 2 phi t/p1 + Bзcos 2 phi t/P2 + B4 sin 2 phi t/P2 dimana Ro merupakan rata rata dari R1 Rt adalah bilangan sunspot pada waktu t, dan Bi (i=1,2,3,4) adalah parameter-parameter yang diperoleh dengan metoda least square.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sunspot, zenith distance, astrophysics
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Matahari dan Astrofisika
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:13
Last Modified: 14 Nov 2023 04:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/21070

Actions (login required)

View Item
View Item