Proses orthorektifikasi untuk meningkatkan ketelitian geometrik citra satelit

Andi Setiyoko and Purwoko (2008) Proses orthorektifikasi untuk meningkatkan ketelitian geometrik citra satelit. Berita INDERAJA, VII (13). pp. 15-17.

[thumbnail of Majalah_Andi Setiyoko_LAPAN_2008.pdf]
Preview
Text
Majalah_Andi Setiyoko_LAPAN_2008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Citra satelit standar yang direkam melalui sensor satelit pada dasarnya masih mempunyai kesalahan yang diakibatkan oleh kesalahan sistematik dan kesalahan non-sistematik. Kesalahan sistematis disebabkan antara lain oleh faktor kelengkungan permukaan bumi, sedangkan kesalahan non-sistematis diakibatkan oleh perbedaan tinggi pada obyek di permukaan bumi. Proses untuk koreksi kesalahan sistematis secara langsung dapat diprogram melalui proses koreksi geo-metrik sistematis dengan menggunakan parameter-parameter satelit pada waktu melakukan perekaman. Sedangkan untuk koreksi kesalahan non-sistematis bisa dieliminir dengan menggunakan koreksi orthorektifikasi. Koreksi orthorektifikasi adalah sistem koreksi geometrik untuk mengeliminasi kesalahan akibat perbedaan tinggi permukaan bumi serta proyeksi akuisisi citra yang umumnya tidak orthogonal (oblique).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Satellite image, Orthorectification, Satellite sensors
Subjects: Taksonomi LAPAN > Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Geometric
Divisions: LAPAN > Deputi Penginderaan Jauh
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:29
Last Modified: 29 Jul 2023 09:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/19236

Actions (login required)

View Item
View Item