Analisis sentimen konsumen selama pandemi Covid-19 di Kota Semarang menggunakan Tableau

Riyanto, Riyanto and Aryan, Eka Prastya Nugraha and Inayah, Adi Sari and Dwi, Prastiyo Hadi (2022) Analisis sentimen konsumen selama pandemi Covid-19 di Kota Semarang menggunakan Tableau. Jurnal Nusantara : Aplikasi Manajemen Bisnis, 7 (2): 2. pp. 185-193. ISSN 2549-5291

[thumbnail of Jurnal_Riyanto_Universitas PGRI Semarang_2022-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Riyanto_Universitas PGRI Semarang_2022-2.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis sentimen konsumen pada bisnis Ritel pada saat pandemi di Kota Semarang. Business Intelegence dengan visualisasi data menggunakan Tableau digunakan untuk analisisnya dan untuk mengetahui pengaruh dari hasil sentimen konsumen dan untuk analisis lanjutan menggunakan analisis trend untuk memperkirakan secara kompleks model prediksi yang akan datang. Hasil yang telah dilakukan dalam penelitian mengenai sentiment konsumen dan dampaknya pada bisnis ritel di Kota Semarang, pola konsumsi konsumen saat pandemi tetap ada dan tidak berubah jika dibandingkan sebelum pandemi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Proyeksi waktu dan harapan bagi bisnis ritel dimasa pandemic yaitu rata – rata 6 bulan setelah pandemi reda mereka akan kembali normal. Hal itu juga
menyesuaikan dengan kemampuan finansial dan operasional masing masing ritel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sentimen, Konsumen, Trend, Business intelegence, Covid19
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:41
Last Modified: 06 Jul 2023 08:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item
View Item