Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi hitung bentuk aljabar

Herikeu Meidia Sari and Ekasatya Aldila Afriansyah (2020) Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 8. pp. 439-450. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_439-450_2086-4280_8.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_439-450_2086-4280_8.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar menjadi salah satu permasalahan yang ditemui saat belajar materi Aljabar. Banyak miskonsepsi yang ditemukan pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bentuk miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cibatu kelas VII-H yang berjumlah sebanyak 32 siswa dengan 3 siswa dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan partisipan pilihan. Teknik analisis data secara deskriptif melihat hasil jawaban siswa, hasil wawancara, serta dokumentasi menggunakan model Miles and
Huberman, sehingga triangulasi data terpenuhi. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar yang dikategorikan
dalam empat jenis, diantaranya miskonsepsi generalisasi, miskonsepi notasi, miskonsepsi pengartian huruf dan misonsepsi aplikasi aturan. Diketahuinya keempat miskonsepsi ini diharapkan guru-guru dapat lebih waspada saat mengajar materi aljabar terhadap keempat miskonsepsi ini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ability to understand concepts, misconceptions, arithmetic operations in algebric forms, qualitative methods, mathematics
Subjects: Mathematical Sciences
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:11
Last Modified: 08 Sep 2023 07:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18227

Actions (login required)

View Item
View Item