Herikeu Meidia Sari and Ekasatya Aldila Afriansyah (2020) Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 8. pp. 439-450. ISSN 2086-4280
9_3_2020_439-450_2086-4280_8.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar menjadi salah satu permasalahan yang ditemui saat belajar materi Aljabar. Banyak miskonsepsi yang ditemukan pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bentuk miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cibatu kelas VII-H yang berjumlah sebanyak 32 siswa dengan 3 siswa dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan partisipan pilihan. Teknik analisis data secara deskriptif melihat hasil jawaban siswa, hasil wawancara, serta dokumentasi menggunakan model Miles and
Huberman, sehingga triangulasi data terpenuhi. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar yang dikategorikan
dalam empat jenis, diantaranya miskonsepsi generalisasi, miskonsepi notasi, miskonsepsi pengartian huruf dan misonsepsi aplikasi aturan. Diketahuinya keempat miskonsepsi ini diharapkan guru-guru dapat lebih waspada saat mengajar materi aljabar terhadap keempat miskonsepsi ini
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ability to understand concepts, misconceptions, arithmetic operations in algebric forms, qualitative methods, mathematics |
Subjects: | Mathematical Sciences Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | - Lukman Budiman |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 05:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18227 |