Tanti Listiani (2020) Penggunaan model PACE dalam pembelajaran geometri topik bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 5. pp. 407-418. ISSN 2086-4280
9_3_2020_407-418_2086-4280_5.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masih terdapat konsep pada Geometri yaitu bangun ruang yang masih kurang dipahami oleh mahasiswa PGSD. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, maka dosen menerapkan model pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk dapat mempelajari bangun ruang dengan efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Model PACE.
Model PACE memiliki empat langkah yaitu Project, Activity, Cooperative dan Experience. Melalui empat tahapan ini mahasiswa dituntut untuk membuat suatu proyek pembelajaran
yaitu membuat video pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan sampel penelitian 90 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelas. Hasil dari penerapan model PACE adalah mahasiswa dapat membuat alat peraga matematika yang menarik. Selain itu penggunaan model PACE juga dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan sebagai guru SD yang kreatif khususnya dalam mengajar Geometri materi bangun ruang. Hal yang perlu diperhatikan adalah dosen sebagai pendidik perlu mendukung agar tahapan yang terdapat
pada model PACE dapat terlaksana dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | build space, geometry, pace model, mathematical techniques, functions, learning model |
Subjects: | Mathematical Sciences Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Lukman Budiman |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:10 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18222 |