Kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP pada materi pola bilangan

Riri, Indriani and Teni, Sritresna (2022) Kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP pada materi pola bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 11. pp. 121-130. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Riri Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Riri Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (303kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa di indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah self efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari self efficacy siswa pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas IX beberapa SMP di Garut yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self efficacy, tes kemampuan koneksi matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy rendah memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, siswa yang memiliki self efficacy sedang memiliki kemampuan koneksi matematis sangat tinggi, dan siswa yang memiliki self efficacy tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis sangat tinggi. Dengan demikian kemampuan koneksi matematis secara umum tergolong baik jika ditinjau dari self efficacy.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematis, Self efficacy, Pola bilangan
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 05:12
Last Modified: 08 May 2023 05:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item
View Item