Riri, Indriani and Teni, Sritresna (2022) Kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self efficacy siswa SMP pada materi pola bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 11. pp. 121-130. ISSN 2798-2904
Jurnal_Riri Indriani_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (303kB) | Preview
Abstract
Kemampuan koneksi matematis siswa di indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah self efficacy siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari self efficacy siswa pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas IX beberapa SMP di Garut yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket self efficacy, tes kemampuan koneksi matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy rendah memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, siswa yang memiliki self efficacy sedang memiliki kemampuan koneksi matematis sangat tinggi, dan siswa yang memiliki self efficacy tinggi memiliki kemampuan koneksi matematis sangat tinggi. Dengan demikian kemampuan koneksi matematis secara umum tergolong baik jika ditinjau dari self efficacy.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Koneksi matematis, Self efficacy, Pola bilangan |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:12 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16203 |