Sufi, Nur Hakiki and Rostina, Sundayana (2022) Kemampuan komunikasi matematis pada materi kubus dan balok berdasarkan kemandirian belajar siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 9. pp. 101-110. ISSN 2798-2904
Jurnal_Sufi Nur Hakiki_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (216kB) | Preview
Abstract
Pada umumnya kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, hal ini ditunjukkan oleh banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan soal-soal berupa gambar, grafik, dan lain-lain. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siwa adalah kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis pada materi kubus dan balok berdasarkan kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX tahun ajaran 2020/2021 yang berada di Perumahan OMA Indah, yang berjumlah 3 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, tes kemampuan komunikasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian sedang dan rendah. Selain itu, siswa dengan kemandirian sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis lebih baik daripada siswa dengan kemandirian rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis, Kemandirian belajar, Kubus dan balok |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 May 2023 05:11 |
Last Modified: | 08 May 2023 05:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16196 |