Pembelajaran matematika berbasis aplikasi Google Classroom pada materi bangun ruang sisi datar

Risky, Pitria Dewi and Ekasatya, Aldila Afriansyah (2022) Pembelajaran matematika berbasis aplikasi Google Classroom pada materi bangun ruang sisi datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 4. pp. 39-52. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Risky Pitria Dewi_MTs Nurul Huda Al-husaeni Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Risky Pitria Dewi_MTs Nurul Huda Al-husaeni Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom tidak berpengaruh terhadap hasil nilai siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran matematika berbasis keberanian menggunakan aplikasi Google Classroom pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 1 Bungbulang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII di SMPN 1 Bungbulang tahun ajaran 2020/2021 yang berada di Desa Tegallega, Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut yang menemukan satu orang guru dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang berani menggunakan aplikasi Google Classroom siswa SMP kelas VIII efektif diterapkan, ditunjukkan dengan nilai harian siswa mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah dengan perolehan rata-rata nilai siswa 67,7 berada pada kategori cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika berbasis daring, Google Classroom, Bangun ruang sisi datar, Kualitatif, Application software, Web applications, Distance education, Web-based instruction, Mathematics, Teaching--Aids and devices, Junior high school students
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:32
Last Modified: 05 Jun 2024 03:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16180

Actions (login required)

View Item
View Item