Studi etnomatematika rumah adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut

Wina, Fitriani Nurhasanah and Nitta, Puspitasari (2022) Studi etnomatematika rumah adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 3. pp. 27-38. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Wina Fitriani Nurhasanah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Wina Fitriani Nurhasanah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (352kB) | Preview

Abstract

Etnomatematika adalah bentuk matematika yang dipengaruhi atau didasarkan budaya.Dalam aktivitas matematika terdapat konsep-konsep matematika yang bisa diungkap terutama di masyarakat Kampung Pulo, juga bertujuan agar dapat memperlihatkan hubungan timbal balik antara matematika dengan budaya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rumah adat Kampung Pulo ke dalam pembelajaran matematika, data yang diperoleh berupa data kualitatif.Instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk atap rumah adat, ruangan di dalam rumah adat, motif dinding rumah adat, pondasi rumah adat dan bentuk tiang pada rumah adat Kampung Pulo terdiri dari konsep geometri bangun ruang, bangun datar, sudut, dan garis. Maka dari itu, pembelajaran matematika berbasis budaya sangat dibutuhkan di sekolah karena tidak hanya untuk memahami konsep matematika tetapi peserta didik juga dikenalkan dan mencintai kebudayaan sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Rumah adat, Konsep geometri
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 05:03
Last Modified: 08 May 2023 05:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item
View Item