Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring

Rd., Rina Rosmawati and Teni, Sritresna (2021) Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 7. pp. 275-290. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Rd. Rina Rosmawati_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rd. Rina Rosmawati_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (735kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan dalam memahami konsep matematis pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring di Kecamatan Malangbong. Sumber data diambil 6 orang untuk meneliti self-confidence siswa dan 3 sampel di ambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu yaitu berdasarkan kategori self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan VIII yang sudah mempelajari materi aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes tertulis, dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa siswa dengan self-confidence tinggi lebih baik di bandingkan dengan self confidence sedang atau rendah dalam memahami konsep matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aljabar, Kemampuan pemahaman konsep matematis, Self-confidence, Pembelajaran daring
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 10:55
Last Modified: 05 May 2023 10:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item
View Item