Miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun datar segiempat

Nisa, Sri Rahayu and Ekasatya, Aldila Afriansyah (2021) Miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 2. pp. 17-32. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Nisa Sri Rahayu_MTs Manbaul Huda Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nisa Sri Rahayu_MTs Manbaul Huda Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian terdahulu yang menunjukan adanya miskonsepsi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk miskonsepsi yang dialami siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Garut yang diikuti oleh siswa kelas VII-E tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 31 siswa. Pengambilan sumber data dilakukan secara puposive sampling yang terdiri dari tiga orang siswa, masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk uraian dan option (benar-salah) beserta alasannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga jenis miskonsepsi yang dialami siswa, yaitu miskonsepsi klasifiksaional, miskonsepsi teoritikal dan miskonsepsi korelasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bangun datar, Kualitatif, Miskonsepsi, Segiempat
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 12:03
Last Modified: 04 May 2023 12:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16035

Actions (login required)

View Item
View Item