Pengembangan media operasi bentuk aljabar “OPERAL” berbasis adobe animate CC

Anisa, Sholikhah and Novisita, Ratu (2022) Pengembangan media operasi bentuk aljabar “OPERAL” berbasis adobe animate CC. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 15. pp. 507-516. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Anisa Sholikhah_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Anisa Sholikhah_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis adobe animate cc. Tujuan penelitian yaitu mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan dan diberi nama “OPERAL”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap analysis, desaign, development, implementasion dan evaluation. Subjek dalam penelitian merupakan 20 peserta didik kelas VIIB salah satu SMPN di Kabupaten Boyolali. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan media dan lembar keefektifan media. Keefektifan media dianalisis dengan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian diketahui media pembelajaran “OPERAL” valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media belajar dalam materi operasi bentuk aljabar dengan kategori sangat baik. Begitu juga hasil analisis dari lembar respon peserta didik mendapatkan tanggapan positif. Media “OPERAL” dapat digunakan untuk membantu peserta didik belajar operasi bentuk aljabar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Adobe animate CC, Operasi bentuk aljabar
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 07:03
Last Modified: 26 Apr 2023 07:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15730

Actions (login required)

View Item
View Item