Nastiti ,, Anugrahing Sarji and Helti, Lygia Mampouw (2022) Media petualangan aljabar berbasis permainan edukasi untuk siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 8. pp. 425-434. ISSN 2086-4280
Jurnal_Nastiti Anugrahing Sarji_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (698kB) | Preview
Abstract
Revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan ditandai dengan dihasilkannya media pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Petualangan Aljabar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian menggunakan model analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Petualanagn Aljabar adalah media permainan edukasi interaktif berbasis android dan windows. Petualangan Aljabar terdiri dari materi dan soal berbentuk permainan yang dikemas dalam 3 level kesulitan yaitu mudah, sedang, dan sulit. Materi Bentuk Aljabar meliputi unsur-unsur dan penyederhanaannya, operasi hitung dan soal cerita bentuk aljabar. Validitas media mencapai 90% kemudian diimplementasikan kepada 61 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ampel, Boyolali. Hasil yang diperoleh adalah media Petualangan Aljabar memenuhi aspek praktis 97% dan aspek efektif 88%. Berdasarkan LKPD yang dikerjakan diperoleh rata-rata pemahaman peserta didik adalah 84 dan mencapai KKM sebesar 84%. Hasil ini menunjukkan media Petualangan Aljabar dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bentuk Aljabar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Permainan edukasi, Petualangan aljabar |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 06:40 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15721 |