Analisis cara berpikir kritis mahasiswa pada materi bangun ruang sisi datar

Irena Puji Luritawaty and Tatng Herman and Sufyani Prabawanto (2022) Analisis cara berpikir kritis mahasiswa pada materi bangun ruang sisi datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 2. pp. 191-202. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Irena Puji Luritawaty_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Irena Puji Luritawaty_Universitas Pendidikan Indonesia_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki mahasiswa calon guru matematika. Fakta menunjukkan bahwa perhatian pada cara berpikir kritis mahasiswa masih kurang. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis. Penelitian bertujuan menganalisis bagaimana cara berpikir kritis mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Desain yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan partisipan 16 mahasiswa semester III program studi pendidikan matematika di salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui uji instrumen berbentuk tes uraian kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa cara berpikir kritis yang dilakukan oleh partisipan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Pada bagian membuktikan, variasi cara berpikir yang dilakukan partisipan terdiri dari tiga cara; pada bagian menggeneralisasi terdiri dari dua cara; pada bagian mempertimbangkan alternatif jawaban terdiri dari tiga cara; dan pada bagian memecahkan masalah terdiri dari tiga cara. Cara berpikir kritis tersebut diharapkan menjadi titik awal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Bangun ruang sisi datar, Berpikir kritis, Calon guru matematika
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:29
Last Modified: 26 Apr 2023 04:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item
View Item