Joko Widiyanto and Tri Nova Hasti Yunianta (2021) Pengembangan board game titungan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 8. pp. 425-436. ISSN 2086-4280
Jurnal_Joko Widiyanto_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (768kB) | Preview
Abstract
Berpikir kreatif adalah salah satu komponen penting dalam mengembangkan berpikir unggul untuk menciptakan manusia unggul. Melatih kemampuan berpikir kreatif dapat menggunakan board game. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan suatu produk berupa board game hitungan yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan contoh pengembangan ADDIE sebagai metode penelitian. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa SMP Negeri 3 Tanjung Bintang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket daftar isian (checklist) dan tes untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil dari persentase rata-rata kevalidan sebesar 92,67% (lebih dari 90%) yang termasuk dalam kategori sangat Valid dan persentase rata-rata kepraktisan sebesar 80,9% (lebih dari 80%) yang termasuk dalam kategori Praktis, sedangkan hasil uji paired t-test menghasilkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa board game titungan dapat dikatakan valid, praktis dan efektif digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif, Board game titunga, Matematika, Pengembangan |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:24 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 00:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15646 |