Pengaruh metode flipped classroom berbantuan schoology terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar

Najia and Iis Holisin and Himmatul Mursyidah (2021) Pengaruh metode flipped classroom berbantuan schoology terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar. Journal of Mathematics Education and Science, 4 (2): 7. pp. 101-110. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Najia_Universitas Muhamadiyah Surabaya_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Najia_Universitas Muhamadiyah Surabaya_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran flipped classroom berbantuan schoology terhadap hasil belajar siswa, menginvestigasi pengaruh antara kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah terhadap hasil belajar siswa, menginvestigasi interaksi penggunaan metode pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa dan menganalisis aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen menggunakan rancangan factorial 2×2 dengan analisis ANAVA dua jalan yang dilakukan pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Sampel pada penelitian ini yaitu 54 siswa terdiri dari siswa kelas VIII-C dan kelas VIII-E. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kategori kemandirian belajar tinggi dan rendah berturut-turut adalah 91,00 dan 82,00 di kelas eksperimen, dengan persentase aktivitas siswa secara klasikal 66,07% dalam kategori cukup. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata hasil belajar siswa kategori kemandirian belajar tinggi dan rendah adalah 81,053 dan 69,625. Berdasarkan uji ANAVA dua jalan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran flipped classroom berbantuan schoology dengan yang menggunakan pembelajaran e-learning yang umum digunakan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Terdapat pengaruh antara kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah terhadap hasil belajar siswa. Namun, tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Learning, learning outcomes, flipped classroom method, schoology
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:43
Last Modified: 24 Nov 2022 06:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item
View Item