Peningkatan kemampuan komunikasi matematis: dampak Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami

Renny, Yuliyanti and Ruhban, Masykur and Indah, Resti Ayuni Suri (2021) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis: dampak Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami. Journal of Mathematics Education and Science, 4 (1): 4. pp. 23-29. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Renny Yulianti_UIN Raden Intan_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Renny Yulianti_UIN Raden Intan_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (287kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka peneliti memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada peserta didik di SMP Negeri 1 Way Bungur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian, yaitu: Dokumentasi, Tes berbentuk soal uraian (essay) untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini bahwa adanya pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diberi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dengan pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami lebih baik daripada pembelajaran biasa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mathematical communication capabilities, PMRI, Islamic nuances
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 23 Nov 2022 10:17
Last Modified: 23 Nov 2022 10:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13366

Actions (login required)

View Item
View Item