Shafira, Fiscarina Widyasari and Rubhan, Masykur and Iip, Sugiharta (2021) Flipped classroom: peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah. Journal of Mathematics Education and Science, 4 (1): 3. pp. 15-22. ISSN 2621-1203
Jurnal_Shafira Fiscarina_UIN Raden Intan_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Al Khairiyah Agom, pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling didapat dua kelas dari beberapa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Agom. Sebagai sampel kelas eksperimen yaitu pembelajaran menggunakan flipped classroom, sedangkan kelas kontrol yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA dengan program R. Berdasarkan hasil analisis penelitian terdapat pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik. Kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran flipped classroom lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped classroom, Mathematical critical thinking, Motivation to learn |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 10:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 10:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13364 |