Analisis kemampuan structure sense dalam materi pemangkatan bentuk aljabar pada siswa MTs Assalam

Siti, Nafiah and Junarti, Junarti and Ifa, Khoiria Ningrum (2020) Analisis kemampuan structure sense dalam materi pemangkatan bentuk aljabar pada siswa MTs Assalam. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (2): 5. pp. 79-86. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Siti Nafiah_IKIP PGRI Bojonegoro_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Siti Nafiah_IKIP PGRI Bojonegoro_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (331kB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan structure sense pada materi pemangakatan bentuk a² - b² = (a − b) (a + b). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs ASSALAM Bangilan yang berjumlah 25 siswa, akan tetapi hanya diambil 6 subyek yang dianalisis berdasarkan indikator kemampuan structure sense ditinjau dari pola jawaban yang sama. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal no. 1 40% siswa memiliki kemampuan structure sense dan 60% kurang mengenal structure sense disebabkan dalam penyelsaiannya menjebarkan masing-masing pemangkatan, tidak menggunakan bentuk a² - b² = (a − b) (a + b). Pada soal no. 2 32% siswa memiliki kemampuan structure sense dan 68% kurang mengenal structure sense disebabkan kepekaan struktur pemangkatan a² - b² = (a − b) (a + b). masih rendah, dan pola jawabannya menjabarkan masing-masing pemangkatan. Sedangkan pada soal no. 3 hanya 28% yang memiliki kemampuan structure sense dan 72% kurang mengenal structure sensedisebabkan tidak dapat memanipulasi struktur dengan tepat. Kesimpulannya kemampuan structure sense pemangakata bentuk a² - b² = (a − b) (a + b). ) siswa masih rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Appointment, algebraic form, structure sense
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:28
Last Modified: 22 Nov 2022 02:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13347

Actions (login required)

View Item
View Item