Analisis berpikir kritis matematis berdasarkan pembelajaran student facilitator and explaining kemandirian belajar peserta didik

Ahmad, Abdul Aziz and Yuberti, Yuberti and Indah, Resti Ayuni Suri (2020) Analisis berpikir kritis matematis berdasarkan pembelajaran student facilitator and explaining kemandirian belajar peserta didik. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (2): 4. pp. 69-77. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Ahmad Abdul_UIN Raden Intan_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ahmad Abdul_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (435kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis model Student Facilitator and Explaining terhadap berpikir kritis matematis, menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis kemandirian belajar terhadap peserta didik, menganalisis interaksi Student Facilitator and Explaining terhadap berpikir kritis matematis dan kemandirian peserta didik.Penelitian dilakukan di kelas X SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung.Jenis penelitian Quasi Experimental Design.Pengambilan sampel dilakukan secara Simpel Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes. Jenis tes untuk Berpikir Kritis Matematis matematika adalah tes obyektif yaitu berupa soal (essay). Pengujian hipotesis ini dengan analisis variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama. Adapun hasil analisis data pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan berpikir kritis lebih baik dari model pembelajaran konvensional. tingginya kemandrian belajar peserta didik maka semakin baik kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan tingkat kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: critical thinking mathematically; Student Facilitator and Explaining; Self-Reliance Learning
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:07
Last Modified: 21 Nov 2022 07:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

View Item
View Item