Penerapan cooperative learning tipe tapps menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap penalaran matematis ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP

Yulita, Anggun Sari and Mohammad, Muhassin and Indah, Resti Ayuni Suri and Rizki, Wahyu Yunian Putra (2020) Penerapan cooperative learning tipe tapps menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap penalaran matematis ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (2): 3. pp. 61-67. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Yulita Anggun_UIN Raden Intan_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Yulita Anggun_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penerapan cooperative learning tipe TAPPS menggunakan bahan ajar gamifikasi dan pembelajaran konvensional, perbedaan antara kepercayaan diri yang tinggi, sedang dan rendah, dan interaksi antara cooperative learning tipe TAPPS dan kepercayan diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Jenis penelitian in adalah Quasy Eksperimental, Penelitian dilakukan di SMP Negeri Natar Lampung Selatan dengan jumlah siswa 64. Sampel kelas yang digunakan adalah dua kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua arah dengan ∝ = 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) Cooperative learning tipe TAPPS menggunakan bahan ajar gamifikasi lebih berpengaruh daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis (2) Kemampuan penalaran matematis dengan kepercayaan diri yang tinggi lebih baik daripada kepercayaan diri sedang dan rendah serta kemampuan penalaran matematis dengan kepercayaan diri yang sedang lebih baik daripada kepercayaan diri rendah (3) Tidak ada interaksi antara cooperative learning tipe TAPPS dan kepercayaan diri terhadap kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning tipe TAPPS, Gamifikasi, Penalaran matematis, Kepercayaan diri.
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 23 Nov 2022 14:25
Last Modified: 23 Nov 2022 14:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13343

Actions (login required)

View Item
View Item