Roby, Firdian Ruswanda and Achi, Rinaldi and Siska, Andriani and Gusti, Ayu Farah Nabilla (2020) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran experiential learning berbasis Zone of Proximal Development (ZPD). Journal of Mathematics Education and Science, 3 (2): 2. pp. 55-60. ISSN 2621-1203
Jurnal_Roby Firdian_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (279kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Disign. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung dengan sampel dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan rata–rata peningkatan disimpulkan bahwa Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development sama baiknya dengan Model pembelajaran Experiential Learning, Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development lebih baik dengan pembelajaran konvensional, Model pembelajaran Experiential Learning lebih baik dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematical creative thinking, experiential learning, zone of proximal development |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 04:01 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 04:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13334 |