Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran experiential learning berbasis Zone of Proximal Development (ZPD)

Roby, Firdian Ruswanda and Achi, Rinaldi and Siska, Andriani and Gusti, Ayu Farah Nabilla (2020) Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran experiential learning berbasis Zone of Proximal Development (ZPD). Journal of Mathematics Education and Science, 3 (2): 2. pp. 55-60. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Roby Firdian_UIN Raden Intan_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Roby Firdian_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (279kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang jarang menjadi perhatian sehingga secara umum masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Disign. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung dengan sampel dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan rata–rata peningkatan disimpulkan bahwa Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development sama baiknya dengan Model pembelajaran Experiential Learning, Model pembelajaran Experiential Learning berbasis Zone Of Proximal Development lebih baik dengan pembelajaran konvensional, Model pembelajaran Experiential Learning lebih baik dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mathematical creative thinking, experiential learning, zone of proximal development
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:01
Last Modified: 21 Nov 2022 04:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item
View Item