Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pendidikan matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Nurul, Ilmiyah and Anisa, Fitri (2020) Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pendidikan matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (1): 7. pp. 45-49. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Nurul Ilmiyah_UNUGIRI_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurul Ilmiyah_UNUGIRI_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Univesitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro semester ganjil tahun akademik 2019 – 2020, yaitu mahasiswa semester 1 angkatan 2019. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu yang membandingkan antara data tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa masih rendah, hal tersebut terlihat dari presentase kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dimana mahasiswa yang tidak mampu memecahkan masalah masih menduduki presentasi tertinggi dan mahasiswa yang mampu memecahkan masalah dengna sangat baik menduduki presentase paling rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Matehematical problem solving
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:00
Last Modified: 21 Nov 2022 03:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item
View Item