Meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model pembelajaran advance organizer berbantuan media adobe flash

Ahmad, Mukhayat and Mujib, Mujib and Rizki, Wahyu Yunian Putra and Mardiyah, Mardiyah and Adolf, Simatupang (2020) Meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui penerapan model pembelajaran advance organizer berbantuan media adobe flash. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (1): 6. pp. 39-44. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Ahmad Mukhayat_UIN Raden Intan_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ahmad Mukhayat_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (394kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantuan adobe flash untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini ialah suatu penelitian eksperimen semu. Penelitian ini memiliki dua macam variabel yakni bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini model pembelajaran advance organizer berbantuan adobe flash menjadi variabel bebas dan pemahaman konsep matematis menjadi variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas VIII-J dan VIII-I (kelas eksperimen) dan kelas VIII-E (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya analisis data untuk uji hipotesis menggunakan ANOVA. Berdasarkan hasil dan analisis data bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer menggunakan media pembelajaran berbantuan adobe flash terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Understanding of mathematical concepts, advance organizer, adobe flash
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:56
Last Modified: 21 Nov 2022 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item
View Item