Ika, Herawati and Fredi, Ganda Putra and Rubhan, Masykur and Chairul, Anwar (2020) Pocket book digital berbasis etnomatematika sebagai bahan ajar sekolah menengah pertama. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (1): 5. pp. 29-37. ISSN 2621-1203
Jurnal_Ika Herawati_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon maupun efektivitas pembelajaran menggunakan pocket book digital bercirikan etnomatematika untuk sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan (Research and Development). Teknik Analisis Data Penelitian terhadap pengembangan pocket book digital menggunakan 2 teknik analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Model penelitian dengan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMPN 7 Metro. Adappun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika dalam uji skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 3,49 dengan kriteria “sangat menarik” dan skala besar diperoleh rata-rata sebesar 3,64 dengan kriteria “sangat menarik” Dan tingkat Keefektifan penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika yang diterapkan dalam proses pembelajaran mendapatkan nilai uji effect size sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Hal ini menyebabkan pocket book digital efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pocket book; ethnomatics; teaching materials |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:20 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13320 |