Disposisi matematis siswa SMK berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah polya

Habibah, Nur Jannah (2020) Disposisi matematis siswa SMK berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah polya. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (1): 3. pp. 19-22. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Habib Nur_Universitas Nusantara PGRI_2020.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Habib Nur_Universitas Nusantara PGRI_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi matematis siswa SMK. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Disposisi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Disposisi matematis penting bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.Namun masih banyak dijumpai kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah.Hal ini dibuktikan ketika peneliti melaksanakan studi pendahuluan di SMK PGRI Kediri yaitu didapati beberapa siswa kurang mampu menyelesaikan masalah matematika dengan percaya diri, serta indikator lain yang menunjukkan disposisi matematisnya lemah. Hal ini diperkuat dengan penyataan guru bahwa selain lemahnya konsep yang dikuasai,siswa kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan oleh guru. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut disposisi matematika siswa dengan diberikan masalah matematika yang hasilnya penyelesaian masalahnya dikaji berdasarkan langkah-langkah penyelesaian masalah menurut teori Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa berdasarkan langkah penyelesaian masalah.Instrumen yang dipergunakan adalah lembar kerja siswa dan lembar wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Hidayatus Sholihin Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang berkemampuan sedang.Hasil Uji coba menunjukkan siswa berkemampuan matematis sedang memiliki disposisi matematis yang berbeda, yakni sedang dan rendah. Siswa berkemampuan sedang melewati 3 langkah penyelesaian masalah, sedangkan kemampuan rendah mampu hanya melakukan 1 langkah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Disposisi matematis, Penyelesaian masalah, Polya, Batik
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:25
Last Modified: 23 Nov 2022 09:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item
View Item