Ria, Indriani and Imam, Syafe’i and Siska, Andriani (2020) Perbandingan strategi belajar aktif tipe joepardy reviev dengan tipe hollywood squares review dengan pendekatan visual thinking terhadap pemahaman konsep matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 3 (1): 2. pp. 11-18. ISSN 2621-1203
Jurnal_Ria Indriani_UIN Raden Intan_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (447kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Strategi Belajar Aktif Tipe Joepardy Reviev Dengan Tipe Hollywood Squares Review Dengan Pendekatan Visual Thinking terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, angket dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan anava 2 jalan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Jeopardy Review dan Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking. Strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen 2 yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares Review dengan pendekatan Visual Thinking sebesar 78,346 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 1 yang menggunakan strategi pebelajaran aktif tipe Jeopardy Review dengan pendekatan Visual Thinking sebesar 77,500
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active strategy type joepardy reviev; active strategy type type Hollywood squares review; visual Thinking Approach; ability to understand mathematical concepts |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 03:05 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 03:05 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13317 |