Ninda, Sintyah Rachmawati and Junarti, Junarti and Anita, Dewi Utami (2019) Pelevelan model mental siswa dalam memahami penggunaan konsep teorema phytagoras pada siswa SMP. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 6. pp. 97-106. ISSN 2621-1203
Jurnal_Ninda Sintyah_IKIP PGRI_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (667kB) | Preview
Abstract
Suatu domain belajar, pemahaman merupakan prasyaratan mutlak untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Pelevelan model mental siswa merupakan salah satu cara dimana seorang pengajar dapat meninjau sejauh manakah pemahaman siswa berdasarkan tingkatan masing – masing.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan enam level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema pythagoras pada siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa yang merupakan gabungan dari 30 siswa kelas VIII A dan 31 siswa kelas VIII B. Dua kelas subjek tersebut diambil agar terpenuhi keenam level model mental. Keenam puluh satu subjek tersebut diberikan soal tes, kemudian dipilih masing - masing dari perwakilan model mental yang telah memenuhi kriteria yaitu 2 siswa untuk diwawancarai. Sehingga terdapat 12 siswa yang menjadi responden wawancara. Untuk memastikan kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan dua cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi masing - masing level model mental siswa dalam memahami konsep penggunaan teorema pythagoras.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep, Model mental, Pythagoras |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 13:28 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 13:28 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13244 |