Clara, Octaviany and Rizki, Wahyu Yunian Putra and Istihana, Istihana (2019) Pengaruh model pembelajaran Advance Organizer (AO) berbatuan modul desain didaktis terhadap pemahaman konsep matematis. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 5. pp. 89-95. ISSN 2621-1203
Jurnal_Clara Octaviany_UIN Raden Intan_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap pemahaman konse pmatematis berbantuan modul desain didaktis persamaan garis lurus SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain “pretest-posttest control design responden”, populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Kotabumi, acak kelas merupakan teknik pengambilan sampel dimana VIII H sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen tes menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan uji Anava data N-Gain diperoleh F hitung = 16,393 > F tabel = 3,094, berarti Ho ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan modul desain didaktis terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji Scheffe’ dengan penerimaan u1 vsu2 serta penolakan u1vsu3 dan u2vsu3. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Advance Organizer berbatuan modul desain didaktis lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, namun model pembelajaran Advance Organizer berbantuan modul desain didaktis samabaiknya dengan model pembelajaran Advance Organizer.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Advance Organizer (AO), Modul desain didaktis, Pemahaman konsep matematis. |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 13:10 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 13:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13240 |