Ani, Sopiani Martinah and Oktavia, Hari Kharisma and Sri, Purwanti Nasution and Agus, Pahrudin (2019) Pengaruh model pembelajaran master terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 3. pp. 75-81. ISSN 2621-1203
Jurnal_Ani Sopiani_UIN Raden Intan_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (ANOVA). Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang berbeda antara masing-masing model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh antara gender perempuan dan laki-laki terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan perbedaan gender terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik SMP, pendidik harus berupaya agar peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MASTER Learning Model, Mathematical literacy, Gender |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 13:02 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 13:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13237 |