Pengaruh model pembelajaran master terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender

Ani, Sopiani Martinah and Oktavia, Hari Kharisma and Sri, Purwanti Nasution and Agus, Pahrudin (2019) Pengaruh model pembelajaran master terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 3. pp. 75-81. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Ani Sopiani_UIN Raden Intan_2019.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ani Sopiani_UIN Raden Intan_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) terhadap literasi matematis ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi (ANOVA). Uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang berbeda antara masing-masing model pembelajaran terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh antara gender perempuan dan laki-laki terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan perbedaan gender terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik SMP, pendidik harus berupaya agar peserta didik lebih termotivasi untuk belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MASTER Learning Model, Mathematical literacy, Gender
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 20 Nov 2022 13:02
Last Modified: 20 Nov 2022 13:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item
View Item