Fiola, Cita Dewi and Aida, Nurfithriyya and Susiana, Susiana and Rosida, Rakhmawati and Bambang, Sri Anggoro (2019) Etnomatematika eksplorasi tapis Lampung sebagai sumber belajar dalam upaya melindungi warisan budaya Lampung. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (2): 1. pp. 61-68. ISSN 2621-1203
Jurnal_Fiola Cita_UIN Raden Intan_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja aktivitas etnomatematika pada kain tapis yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dengan sumber data dari observasi dan observasi partisipan (kerja lapangan), wawancara dan kuesioner, dokumen dan teks, kesan dan reaksi peneliti. Teknik keabsahan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa macam kain tapis : 1) Memiliki makna filosofis pada setiap motif kain tapis yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Lampung. 2) Terdapat dua aktivitas yang ada pada Tapis Lampung yaitu aktivitas mengukur dan aktivitas membilang. 3) Konsep matematika pada tapis Lampung meliputi : Geometri dimensi satu yaitu garis terdapat pada motif bintang. Geometri dimensi dua yaitu segitiga, persegi belah ketupat dan elips yang berasal dari tapis pucuk rebung, tajuk berayun, tajuk dipergaya dan motif geometris. Transformasi Geometri konsep Refleksi dan Rotasi pada motif bunga manggis dan bunga daun. Dilatasi pada motif Belah Ketupat. Translasi pada motif Manusia dan Hewan Tunggangan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tapis, Ethnomathematics, Learning source |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 09:16 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 09:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13230 |