Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematik

Titin, Supriyatin (2019) Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematik. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1): 6. pp. 45-50. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Titin Supriyatin_UNUGIRI_2019.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Titin Supriyatin_UNUGIRI_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode path analisys. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik multi stage sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis dan angket penelitian. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson dan analisis alur (path analisis). Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap penguasaan konsep Matematika siswa, terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat belajar terhadap penguasaan konsep Matematika siswa, terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa, terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan perhatian orang tua terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajar siswa. Untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika siswa SMP, guru harus berupaya agar perhatian orang tua dan minat belajar siswa bisa lebih baik lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Parents attention, interest in learning, mathematical concept
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Mathematical Sciences > Statistical Analysis
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:44
Last Modified: 16 Nov 2022 07:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item
View Item