M. Anang, Taufik and Mulyoto, Mulyoto and Sunardi, Sunardi and Nunuk, Suryati (2019) Contextual teaching and learning pada aritmatika sosial. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1): 4. pp. 29-33. ISSN 2621-1203
Jurnal_M. Anang_UNUGIRI_2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa menyelesaikan soal aritmatika sosial dari implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas eksperimen dibandingkan dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal aritmatika sosial dengan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pre tes posttes control group design. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Gondang Bojonegoro Jawa Timur kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik random sampling. Subjek penelitian ini terdiri dari 56 siswa di kelas eksperimen 28 siswa di kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari model pembelajaran ceramah yang selama ini digunakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post tes di kelas eksperimen adalah 75,89 dikelas kontrol nilai post tes adalah 71,96 sehingga didapat perbedaan sebesar 3,93. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan aritmatika sosial lebih baik daripada model pembelajaran ceramah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/13157 |