Pengembangan bahan ajar SMA berbasis Al Qurun Teaching Model (ATM) pada konsep materi logaritma

Muhammad, Kosim Ali and Laila, Maharani and Rizki, Wahyu Yunian Putra (2019) Pengembangan bahan ajar SMA berbasis Al Qurun Teaching Model (ATM) pada konsep materi logaritma. Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1): 3. pp. 21-28. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Muhammad Kosim_UNUGIRI_2019.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Muhammad Kosim_UNUGIRI_2019.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang terjadi saat ini belum maksimal dikarenakan peserta didik merasa sulit, tidak tertarik, kurangnya pemberian dan pengembangan latihan-latihan serta tugas secara individu maupun berkelompok yang dapat mengimplementasikan konsep dan materi serta kurangnya bahan ajar. Dari hasil data hasil ulangan harian peserta didik SMA N 1 Bangun Rejo banyak peserta didik yang tidak melampaui nilai KKM pada materi logaritma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan bahan ajar berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM) pada konsep Logaritma serta efektivitas pembelajaran yang diterapkan bahan ajar berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM) pada konsep Logaritma. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahap dalam pengembangan ini yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development,4)Implementation, dan 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakan produk, dan diberikan kepada peserta didik dan pendidik, untuk mengetahui kemenarikan produk yang telah dikembangkan serta intrumen tes pretes dan posttes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan analisis data yang diperoleh dari peserta didik dan pendidik dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat menarik. Hasil analisis efektivitas data

Item Type: Article
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:33
Last Modified: 16 Nov 2022 06:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item
View Item