Pengembangan instrumen penilaian berpikir kreatif pada prodi nautika dan teknika

Luthfiana, Tarida and Anisa, Fitri (2022) Pengembangan instrumen penilaian berpikir kreatif pada prodi nautika dan teknika. Journal of Mathematics Education and Science, 5 (1): 7. pp. 55-62. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Luthfiana_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Luthfiana_Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri_2022-7.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (255kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan tujuan pembelajaran matematika sekaligus bekal penting bagi individu dalam menghadapi permasalahan kehidupan yang menantang.Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif taruna.Tahap pengembangan instrumen menggunakan model 3D, yaitu define, design, develop. Berdasarkan hasil tahap define, diketahui bahwa instrumen yang mengukur kemampuan berpikir kreatif masih relatif sedikit, terutama pada materi aplikasi matematika maritim. Pada tahap develop, diperoleh desain final instrumen penilaian berdasarkan draft pengembangan yang telah disusun pada tahap design. Instrumen divalidasi oleh 3 ahli. Instrumen diperbaiki berdasarkan saran dari ahli dan hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 taruna Prodi Nautika dan 5 Taruna Prodi Teknika. Instrumen yang sudah diperbaiki, digunakan pada tahap develop dalam uji coba kelompok besar kepada 18 Taruna Nautika dan 17 Taruna Teknika angkatan 2021. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, instrumen dinyatakan valid dengan nilai Corrected Item-Total Correlation sebesar 0,3338. Instrumen dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,482. Instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif memenuhi syarat valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan pada skala yang lebih luas. Hasil penilain kemampuan berpikir kreatif kemudian dikorelasikan dengan prestasi belajar. Kesimpulan dari hasil uji korelasi regresi linear yaitu kemampuan berpikir kreatif berpengaruh terhadap prestasi belajar taruna pada matakuliah Matematika Terapan secara signifikan dengan nilai signifikansi (

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif, Define, Design, Develop
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: - Diana Permata Sari
Date Deposited: 16 Nov 2022 05:35
Last Modified: 16 Nov 2022 05:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item
View Item