Adi, Ihsan Imami (2018) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (2): 6. pp. 85-89. ISSN 2621-1203
Jurnal_Adi Ihsan_UNUGIRI_2018.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (491kB) | Preview
Abstract
Salah satu alternatif model dan pendekatan pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalahadalah model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Penelitian ini termasuk Kuasi Eksperimen yang dilakukan di SMP Nurul Huda di kota Karawang,Penelitian ini adalah suatu eksperimen berdisain dengan sampel 80 siswa kelas VII pada dua kelas yang berbeda sebagai kelas Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas pembelajaran konvensional. Kedua kelas yang diteliti diberikan pretest dan postest untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Keberhasilan siswa terhadap pelajaran matematika dengan Pembelajaran Berbasis Masalah serta terhadap soal-soal pemecahan masalah menunjukkan hasil yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, problem solving |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:26 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 03:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12936 |