Efektivitas model penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa

Novi, Mayasari and Anis, Umi Khoirotunnisa (2018) Efektivitas model penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (2): 2. pp. 55-60. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Novi Mayasari_UNUGIRI_2018.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Novi Mayasari_UNUGIRI_2018.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “efektivitas model penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem terhadap pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa”. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain yang digunakan adalah posttest only control dimana subyek penelitiannya adalah mahasiswa tingkat I tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini hanya menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji–t. Hasil dari analisis data diperoleh uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 3,41 dengan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tingkat I pada mata kuliah matematika sekolah II semester genap di IKIP PGRI Bojonegoro.

Item Type: Article
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:47
Last Modified: 15 Nov 2022 08:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item
View Item