Novi, Mayasari and Anis, Umi Khoirotunnisa (2018) Efektivitas model penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (2): 2. pp. 55-60. ISSN 2621-1203
Jurnal_Novi Mayasari_UNUGIRI_2018.pdf
Download (488kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “efektivitas model penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem terhadap pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa”. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain yang digunakan adalah posttest only control dimana subyek penelitiannya adalah mahasiswa tingkat I tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini hanya menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji–t. Hasil dari analisis data diperoleh uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 3,41 dengan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa modelpembelajaran penemuan terbimbing dengan menggunakan tugas superitem lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tingkat I pada mata kuliah matematika sekolah II semester genap di IKIP PGRI Bojonegoro.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 08:47 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 08:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12929 |