Cara berpikir siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal operasi perkalian

Nurul, Ilmiyah (2018) Cara berpikir siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal operasi perkalian. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (1): 7. pp. 43-48. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Nurul Ilmiyah_UNUGIRI_2018.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurul Ilmiyah_UNUGIRI_2018.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Perkalian merupakan salah satu materi penting yang diajarkan pada jenjang sekolah dasar karena amat sering dijumpai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, topik-topik matematika untuk jenjang ynag lebih tinggi masih menggunakan operasi perkalian. Pada dasarnya perklaian merupakan penjumlahan yang berulang, namun tidak seharusnya konsep perkalian diajarkan dengan cara hanya bergantung pada penjumlahan berulang semata. Siswa perlu dilatih untuk bergeser dari berpikir penjumlahan (additive thinking) ke berpikir perkalian (multiplicative thinking). Multiplicative Thinking adalah prasyarat untuk untuk dapat menyelesaikan permasalahann yang melibatkan pecahan, bilangan desimal, bilangan persen, dan perbandingan. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan cara berpikir siswa sekolah dasar terutama siswa kelas 3 dan 4 dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian. Adapun pengklasifikasian siswa ke dalam bentuk cara berpikir multiplicative atau additive dilihat dari hasil pekerjaan siswa kemudian dikelompokkan berdasarkan ciri-cirinya.

Item Type: Article
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:41
Last Modified: 15 Nov 2022 07:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12888

Actions (login required)

View Item
View Item