Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan model pembelajaran think talk write

Astrid, Chandra Sari (2018) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan model pembelajaran think talk write. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (1): 2. pp. 7-13. ISSN 2621-1203

[thumbnail of Jurnal_Astrid Chandra_UNUGIRI_2018.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Astrid Chandra_UNUGIRI_2018.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Klambu. Dengan teknik random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa 83,3% siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk write efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 1 Klambu pada materi segiempat.

Item Type: Article
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:43
Last Modified: 16 Nov 2022 02:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/12878

Actions (login required)

View Item
View Item