Astrid, Chandra Sari (2018) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan model pembelajaran think talk write. Journal of Mathematics Education and Science, 1 (1): 2. pp. 7-13. ISSN 2621-1203
Jurnal_Astrid Chandra_UNUGIRI_2018.pdf
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Klambu. Dengan teknik random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa 83,3% siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk write dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk write efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP N 1 Klambu pada materi segiempat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Saepul Mulyana |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 02:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 02:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/12878 |