Muharrohmah, I. Aeni and Hidaya, Riyan (2019) ANALISIS ELEMEN VISUAL DALAM POSTER PERAYAAN HUT BATAN 60. In: -. (Unpublished)
MAKALAH_ANALISIS ELEMEN VISUAL DALAM POSTER PERAYAAN HUT BATAN 60-I AENI MUHARROMAH_PDK_2019.docx
Download (1MB)
Abstract
Poster dapat dijadikan media komunikasi yaitu berisi informasi atau gambar dan kombinasi keduanya. Tampilan poster mengandung unsur elemen visual yang bisa memberikan makna estetika. Tujuan dari analisis visual adalah sebagai peninjauan untuk melihat adakah ketidaksesuaian dan mencari solusi dari perspektif desain komunikasi visual. Metode yang digunakan adalah metode desktiptif yaitu metode yang hanya memaparkan atau memberi gambaran mengenai situasi dan peristiwa, melukiskan secara sistematis fakta dan karekteristik populasi tertentu dan bidang tertentu secara faktual dan cermat. Diambil 3 poster 60 HUT BATAN yang ditempatkan diluar ruangan. Terdapat beberapa perbedaan penting yang dapat dipelajari antara lain perbedaan fotografi khususnya penataan elemen estetis dan komposisi warnanya. Hasil analisa ditemukan informasi yang berbeda-beda pada setiap poster, juga kelengkapan informasi sosial media, tagline dan komposisi warna yang digunakan. Keseimbangan antara elemen yang asimetris antara susunan pesan verbal dan visual sehingga kesatuan tidak tercipta secara tepat. Meskipun desain terlihat berbeda seharusnya identitas penyelenggara ditata secara konsisten terutama letak dan tipografi yang digunakan.
Kata kunci: analisis visual, poster
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Taksonomi BATAN > Manajemen > Diseminasi dan Kemitraan > Kehumasan dan Keprotokoleran Taksonomi BATAN > Manajemen > Diseminasi dan Kemitraan > Kehumasan dan Keprotokoleran |
Divisions: | BATAN > Pusat Diseminasi dan Kemitraan IPTEK > BATAN > Pusat Diseminasi dan Kemitraan |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 03:24 |
Last Modified: | 30 May 2022 08:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/9286 |