Vivi, Yuliana (2024) Belajar matematika disesuaikan dengan gaya belajar. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (3): 2. pp. 8-14. ISSN 3025-700X
3025-700X_2_3_2024-2.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
Abstract
Ada tiga metode utama untuk mengabsorpsi informasi, yakni dengan memanfaatkan aspek visualis, Auditori, dan Kinestetik. Memahami gaya belajar individu menjadi dasar yang krusial dalam merancang strategi pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan serta preferensi masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara belajar matematika disesuaikan dengan gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa belajar matematika bagi peserta didik dengan gaya belajar visual dapat ditingkatkan efektivitasnya dengan memanfaatkan strategi-strategi seperti penggunaan media visual, pemecahan masalah secara visual, dan pemanfaatan alat bantu visual. Sedangkan bagi peserta didik dengan gaya belajar auditorial, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui strategi-strategi seperti penjelasan lisan, mendengarkan kuliah atau rekaman audio, serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Bagi peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, pembelajaran matematika dapat lebih efektif dengan memasukkan elemen-elemen praktis dan interaktif seperti penggunaan manipulatif matematika, aktivitas bergerak, dan role-playing. Dengan menerapkan berbagai strategi ini, pembelajaran matematika dapat disesuaikan dengan gaya belajar individu sehingga meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep-konsep matematika.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Belajar matematika, Disesuaikan, Gaya belajar |
| Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
| Date Deposited: | 17 Feb 2025 00:54 |
| Last Modified: | 17 Feb 2025 00:54 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/53239 |


