Belajar matematika disesuaikan dengan gaya belajar

Vivi, Yuliana (2024) Belajar matematika disesuaikan dengan gaya belajar. Keilmuan Pendikdasmen: Jurnal Guru Pendidikan Dasar dan Menengah, 2 (3): 2. pp. 8-14. ISSN 3025-700X

[thumbnail of 3025-700X_2_3_2024-2.pdf]
Preview
Text
3025-700X_2_3_2024-2.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Ada tiga metode utama untuk mengabsorpsi informasi, yakni dengan memanfaatkan aspek visualis, Auditori, dan Kinestetik. Memahami gaya belajar individu menjadi dasar yang krusial dalam merancang strategi pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan serta preferensi masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara belajar matematika disesuaikan dengan gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa belajar matematika bagi peserta didik dengan gaya belajar visual dapat ditingkatkan efektivitasnya dengan memanfaatkan strategi-strategi seperti penggunaan media visual, pemecahan masalah secara visual, dan pemanfaatan alat bantu visual. Sedangkan bagi peserta didik dengan gaya belajar auditorial, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui strategi-strategi seperti penjelasan lisan, mendengarkan kuliah atau rekaman audio, serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Bagi peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, pembelajaran matematika dapat lebih efektif dengan memasukkan elemen-elemen praktis dan interaktif seperti penggunaan manipulatif matematika, aktivitas bergerak, dan role-playing. Dengan menerapkan berbagai strategi ini, pembelajaran matematika dapat disesuaikan dengan gaya belajar individu sehingga meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep-konsep matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Belajar matematika, Disesuaikan, Gaya belajar
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Feb 2025 00:54
Last Modified: 17 Feb 2025 00:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/53239

Actions (login required)

View Item
View Item