Afrida, Hafshalya Riandini and Ratna, Purwaningsih and Manik, Mahachandra (2024) Analisis persepsi dan preferensi terhadap variasi jenis iklan produk. In: Prosiding Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI), 8-9 Agustus 2024, Bandung.
Prosiding_2024_Afrida Hafshalya Riandini_166-176.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (391kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi variasi jenis iklan pengguna terhadap iklan produk konvensional maupun iklan green product. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang bersifat semi terbuka terhadap 65 responden dengan kriteria merupakan tahun kelahiran 1997 hingga 2005 atau merupakan Generasi Z.Generasi Z merupakan generasi dimana dalam memberikan dan menerima informasi lebih jelas dan cepat serta effort less.Stimulus yang diberikan merupakan empat jenis iklan produk yang berbeda. Pengolahan data hasil kuesioner dengan menggunakan metode statistika. Pada hasil penelitian, didapatkan bahwa terdapat beberapa aspek atau pengukuran yang berdampak pada persepsi dan persepsi terhadap iklan produk. Dalam merespon variasi jenis iklan yang diberikan, muncul beberapa kata kunci yang didapat dari persepsi responden dan dikelompokkan berdasarkan padanan kata sesuai dengan iklan produk konvensional dan iklan green product antara lain wangi, elegan, dan menarik (visualisasi, storyline), familiar, berani kotor baik, kurang menarik, ramah lingkungan, tumbuhan, hijau, organik, cukup mudah dipahami dan lembut.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | preferensi, persepsi, iklan konvensional, green product, generasi Z |
| Subjects: | Mathematical Sciences > Statistical Analysis Urban & Regional Technology & Development |
| Depositing User: | Saepul Mulyana |
| Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:35 |
| Last Modified: | 19 Feb 2025 01:35 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/52384 |


