Analisis makna gambar label kemasan produk pureco floor cleaner sebagai “household representation”

Maya, Putri Utami (2024) Analisis makna gambar label kemasan produk pureco floor cleaner sebagai “household representation”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24 (2): 4. pp. 114-122. ISSN 2721-5695

[thumbnail of 2721-5695_24_2_2024-4.pdf] Text
2721-5695_24_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB)

Abstract

Produk rumah tangga merupakan produk yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari di dalam rumah tangga, terutama bagi orang tua yang memiliki bayi atau hewan peliharaan di rumahnya. Untuk merepresentasikan image dari produk, desain kemasan memiliki peran yang sangat penting. Pureco merupakan merek dari produk-produk rumah tangga yang menggunakan bahan alami dari tanaman sebagai bahan baku utama di dalam pembuatannya. Pada kemasan produk Pureco terdapat gambar yang berbentuk ilustrasi ember, pel, bayi, anak anjing, dan anak kucing yang menunjukkan makna gambar sebagai household representation. Gambar-gambar tersebut dapat diartikan sebagai representasi dari sebuah rumah tangga yang ramah anak, hewan peliharaan, dan aman. Penelitian ini menggunakan tinjauan desain dengan pendekatan kritik seni dan bertujuan untuk mengetahui apa makna yang terkandung di dalam ilustrasi kemasan produk Pureco Floor Cleaner sebagai “household representation.”

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Label, Representasi rumah tangga, Elemen visual, Packaging, Product labelling, Brand name products, Household representation
Subjects: Communication > Graphics
Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Nov 2024 09:20
Last Modified: 21 Nov 2024 09:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/51799

Actions (login required)

View Item
View Item