Berliana, Priya Zenita and Dwi, Putri Restuti (2024) Kepercayaan konsumen terhadap produk skincare melalui endorsement dari influencer muslim. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis (EKOMABIS), 5 (2): 2. pp. 143-160. ISSN 2716-0238
2716-0238_5_2_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (289kB)
Abstract
Banyaknya jumlah pengguna Instagramdi Indonesia menciptakan
sebuah fenomena baru seperti munculnya selebgram atau selebritis yang dikenal karena Instagram, online shop atau toko online yang menjual barang melalui akun diInstagram, endorsement, hinggapaid promote. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh endorsment dari influencer muslim terhadap purchasing confidence konsumen dalam membeli produk skincare. Metodologi yang digunakann pada penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan strategi naratif dari paradigma kontruktivisme. Penelitian menggunakan data primer dengan menggunakan teknik pengumpulan data yakni survei dan wawancara, baik secara offline maupun online melalui Whatsapp. Informan dari penelitian ini dari para wanita pengguna produk skincare, yang dipilih dan diambil melalui teknik pengambilan data Random Sampling yang dilakukan secara acak dengan memakai penamaan populasi yang menjadi target. Hasil dari penelitan ini yakni semua narasumber setuju dengan pemilihan influencer endorsment seorang muslim karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Ulasan testimoni dari customer yang lain juga mempengaruhi keputusan pembelian terhadap skincare. Studi ini memberikan wawasan baru dan penting mengenai preferensi dan perilaku konsumen millenial ketika membeli skincare.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Purchasing confidence, Skincare, Endorsment, Influencer muslim, Kepercayaan konsumen, Pemasaran digital, Perilaku konsumen |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Applications Software Economics and Business > Consumer Affairs |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 06:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 06:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49266 |