Pengaruh penggunaan gadget pada siswa kelas 6 SDN Sawah Lega menggunakan metode linear regresi

Nabila, Putri Yusal (2024) Pengaruh penggunaan gadget pada siswa kelas 6 SDN Sawah Lega menggunakan metode linear regresi. Jurnal Komputer dan Sistem Informasi (KOMISI), 1 (3): 2. pp. 90-96. ISSN 3062-6668

[thumbnail of 3062-6668_1_3_2024-2.pdf] Text
3062-6668_1_3_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (362kB)

Abstract

Penggunaan gadget pada anak-anak, termasuk siswa kelas 6 SDN Sawah Lega, telah menjadi fenomena umum dalam era digital saat ini. Meskipun gadget memberikan kemudahan dan hiburan, dampak negatif seperti kecanduan dapat muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara penggunaan gadget dan potensi kecanduan pada siswa kelas 6 SDN Sawah Lega. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert dan analisis regresi linear. Hasil uji F dan uji T menunjukkan bahwa secara statistik tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan gadget dan dampak negatif. Meskipun model regresi mampu menjelaskan sekitar 39.2% variasi, masih terdapat faktor-faktor yang tidak dijelaskan. Histogram menunjukkan model regresi cukup akurat, namun beberapa sisa standar regresi berada di luar rentang 0.9, menunjukkan adanya variabilitas yang belum terpahami. Kesimpulan menyoroti pentingnya pendekatan komprehensif, termasuk pengaturan waktu dan edukasi, untuk mengelola dampak penggunaan gadget pada siswa kelas 6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, Kecanduan, Siswa SD, Regresi linear, Dampak negatif, Edukasi gadget, Information technology, Internet addiction, Internet addiction
Subjects: Mathematical Sciences > Statistical Analysis
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Muhammad Naufal Firmansyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 05:59
Last Modified: 17 Oct 2024 05:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49262

Actions (login required)

View Item
View Item