Sutanto, Sutanto (2024) Transformasi pendidikan di sekolah dasar Kecamatan Tawangharjo: kendala dan solusi untuk meningkatkan kualitas SDM guru. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (2): 1. pp. 1-9. ISSN 3063-0169
3063-0169_1_2_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (414kB)
Abstract
Transformasi pendidikan merupakan kebutuhan mendesak di era globalisasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru sekolah dasar di Kecamatan Tawangharjo dalam mengikuti transformasi pendidikan serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan 10 orang Guru Penggerak. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi guru meliputi keterbatasan kompetensi teknologi, relevansi dan frekuensi pelatihan, dukungan infrastruktur, motivasi, dan kesempatan untuk pembelajaran kolaboratif. Untuk mengatasi kendala-kendala ini, diperlukan program pelatihan yang berkelanjutan dan relevan, peningkatan fasilitas teknologi, serta dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah dan pemerintah. Implementasi kebijakan Merdeka Belajar, kepemimpinan transformasional, dan pendekatan pendidikan yang inklusif dan partisipatif dapat menjadi solusi potensial.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transformasi pendidikan, Guru penggerak, Kompetensi teknologi, Pelatihan guru, Infrastruktur pendidikan, Educational personnel training, Public goods, Competent authority |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48959 |