Azis, Azis (2023) Pengaruh keaktifan belajar pasca covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 3. pp. 623-634. ISSN 2684-7981
2684-7981_5_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (253kB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar pasca covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Gu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gu dengan jumlah siswa sebanyak 248 orang siswa yang tersebar dalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 151 orang, diambil dengan berdasarkan tabel sampel yang disusun oleh Krijcie dan Morgan. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket keaktifan belajar pasca covid-19 dan tes prestasi belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh keaktifan belajar pasca covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gu. Dari hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa pasca covid-19 secara umum masih dalam kategori sedang. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar matematika siswa dalam kategori tinggi sebanyak 19,20%, sebanyak 58,27% dalam kategori sedang dan sebanyak 22,51% dalam kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t yang diperoleh sebesar 2,393, signifikan pada 0,018 < 0,05, artinya bahwa H1 diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Pasca covid-19, Prestasi belajar matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences > Statistical Analysis Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48824 |